Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional Tahun 2023, Unit Layanan Disabilitas Universitas Andalas (ULD Unand) bersama Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia wilayah Sumatra Barat (APPI Sumbar), dan  UPTD Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusi (LDPI) Dinas Pendidikan Kota Padang menyelenggarakan Seminar “Pendidikan & Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus” dengan tema “Kita bersama mereka: Kapanpun dan Dimanapun” (2/11/2023).

Kegiatan ini telah selesai diselenggarakan pada tanggal 2 Desember 2023 yang diikuti sebanyak 200 peserta, terdiri Dosen, Mahasiswa serta instansi, lembaga  dan stakeholder  terkait.

Acara ini dimulai dengan kata sambutan dari Direktur Rumah Sakit Unand yang diwakilkan kepada Ibu Sri Dewi Edmawati, SE., M.Si., CA, Direktur Pendidikan dan Pembelajaran, dr. Nur Afraininsyah, M.Med.Ed., Ph.D dan ketua ULD Dr. Rozi Sastra Purna, M.Psi., Psikolog.

Pada pembukaan kegiatan, Dr. Rozi Sastra Purna, M.Psi., Psikolog menyatakan bahwa : 

“Tujuan kita yang pertama adalah menciptakan budaya yang inklusif, tidak hanya berkaitan tentang disabilitas tetapi juga berkaitan tentang adanya perbedaan baik itu etnik, agama, kemampuan, dan menyeluruh”. Dan memberikan penekanan yang sangat tegas bahwa ULD harus menjadi lingkungan yang inklusif bagi mahasiswa penyandang disabilitas.  

Kemudian dr. Nur Afraininsyah, M.Med.Ed., Ph.D dalam pemaparannya juga mengatakan bahwa :

“Pendidikan inklusif bukan hanya sekedar wacana, melainkan suatu komitmen untuk menciptakan ruang-ruang belajar yang ramah dan mendukung bagi semua anak, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus. Universitas Andalas dengan tulus berusaha menjadi pionir dalam mewujudkan pendidikan yang tidak hanya bermatabat tetapi juga berkeadilan.” Kata dr. Nur Afraininsyah, M.Med.Ed., Ph.D

Sedangkan  ibu Sri Dewi Edmawati, SE., M.Si., CA, lebih menekankan disabilitas itu kepada :

Jika dilihat dari sisi kesehatan, disabilitas itu perlu kita gali potensinya dari sisi apa yang harus kita bina, dan apa yang harus dijadikan prestasi.” Kata Sri Dewi Edmawati, SE., M.Si., CA

Kegiatan ini diakhiri dengan pelatihan bahasa isyarat bagi peserta seminar dengan materi pengenalan tentang abjad  Isyarat, Perkenalan diri, salam dan sapaan serta dilanjutkan dengan praktek langsung. Pemaparan Materi bahasa isyarat didampingi JBI sebagai moderator dengan pemateri dari mahasiswa tuli Unand yaitu Aldo dan Frizka.

Leave a Comment