Padang (UNAND) – Unit Pelayanan Teknis (UPT) Disabilitas Universitas Andalas bersama Andalas Sinematografi mengadakan diskusi film dan nonton bareng film CODA sebagai bentuk memperingati Hari Disabilitas Internasional, Sabtu (3/12) Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Mengusung tema “Caring For Disability” dengan menghadirkan narasumber Dr. Rozi Sastra Purna M.Psi Ketua UPT Disabilitas Universitas Andalas, dan Yoszya Silawati, S.PD. M.Si Kepala UPTD LDPI Dinas Pendidikan.

Rozi Sastra mengatakan film CODA yang ditayangkan pada acara ini, mencerminkan keluarga tuna rungu dan dinamika kehidupan mereka di ranah pendidikan serta di tengah-tengah masyarakat umum. “Penayangan film CODA beserta film pendek soal disabilitas bertujuan untuk mengajarkan cara bersosialisasi antar mahasiswa,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Manysurdin mengatakan untuk penerimaan mahasiswa disabilitas sudah berlangsung semenjak tahun 2020. “Awalnya ada banyak fakultas yang belum bersedia. Namun, belajar dari kekurangan pada tahun 2021, akhirnya tidak ada lagi fakultas yang menolak disabilitas dengan catatan jenis disabilitasnya mampu mencapai capaian program studi,” ujarnya.

Disampaikannya pada tahun 2021 lalu, UNAND dinobatkan sebagai perguruan tinggi inklusi, dan akan ada beasiswa bagi penyandang disabilitas dengan tetap mengutamakan kemampuan akademik. Lebih lanjut, Prof. Mansyur menyampaikan penerimaan mahasiswa disabilitas membutuhkan lampiran penderita disabilitas dari Rumah Sakit UNAND, interview, dan peran bersama psikolog. “Dari segi regulasi, peraturan mahasiswa mengenai disabilitas sudah disetujui, mahasiswa disabilitas akan diperlakukan secara khusus dari proses pembelajaran sampai proses wisuda. UNAND juga membuka ruang untuk penyediaan bahan ajar bagi mahasiswa disabilitas,” ungkapnya. 

Acara ini dilanjutkan dengan launching buku “Panduan Disabilitas”, lalu pengumuman pemenang lomba film pendek disabilitas yang dimenangkan oleh film film “Tiba-Tiba Hilang” oleh Tim Kilas Balik Film, dan dilanjutkan dengan penayangan dan nonton bersama film “CODA”. (*)

Humas UPT Disabilitas

Leave a Comment